Troubleshooting Laptop : Deskripsi Masalah dan Solusi

Seiring dengan maraknya dunia komputer, hampir semua kalangan sekarang memiliki komputer, bahkan laptop. Semua itu karena tuntutan akan kebutuhan dan perkembangan jaman. Laptop banyak beredar di pasaran dengan berbagai macam merk dan spesifkasinya. Satu sisi yang tidak dapat dipisahkan dari semakin banyaknya beredar laptop adalah banyak ditemukan masalah (troble), dari yang ringan sampai berat. 
Kategori yang ringan adalah jika kerusakan tanpa ada penggantian  hardware (perangkat keras), hal ini biasanya karena kerusakan pada software saja, atau mungkin hardware yang rusak tapi masih bisa di atasi, misal hanya dengan dibersihkan atau penyolderan ulang pada komponen yang mungkin setengah nyambung dan setengahnya tidak (hehe maaf bahasanya gitu). 
Kategori yang berat adalah jika kerusakan yang mengharuskan penggantian hardware, seperti RAM, Hard Disk, LCD, Processor, Board dan sebagainya.

Berikut ini adalah tulisan (artikel sederhana) yang menyajikan beberapa troubleshooting (gangguan) pada hardware laptop yang seringkali terjadi, atau dapat dikatakan masalah klasik pada laptop. File tulisannya berekstensi DOC (MS-Word) dan jika anda berkenan dapat unduh pada link di bawah ini.Meskipun anda bukan seorang teknisi laptop (termasuk saya pun bukan, hanya sekedar hoby saja), tetapi paling tidak barangkali dapat dijadikan acuan kira-kira letak masalah yang terjadi pada laptop dimana. Sehingga ketika di bawa ke bengkel untuk diperbaiki sudah dapat memperkirakan tentang berat dan ringannya masalah, ya jujur saja juga dapat memperkirakan mahal dan tidaknya biaya perbaikan. Tulisan ini pun tidak disertai secara detail solusi perbaikan. Insya Allah dalam posting berikutnya akan saya sampaikan tentang hal tersebut (Lagi ngumpulkan data dulu hehe).
Klik disini tuk download…oke?
Terima kasih dan………Semoga bermanfaat……..

Leave a Comment