Cara membuat RDP Gratis

Apa itu RDP?

RDP (Remote Desktop Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lain secara remote. Artinya, protokol ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer lain dan bertransfer data dari jarak jauh. Namun, penggunaannya tidak terbatas antara perangkat komputer pribadi saja. Protokol ini juga dapat digunakan agar PC Anda dapat terkoneksi dengan desktop virtual dan server RDP itu sendiri.

Apa Fungsi RDP?

Pada dasarnya, fungsi RDP adalah menyediakan akses remote melalui port TCP 3389. Saat Anda menggunakan sebuah client atau aplikasi RDP, data yang akan dikirimkan ke komputer lain dimasukkan ke dalam kanal remote desktop protocol.  Di sini, sistem operasi komputer yang Anda gunakan mengenkripsi data tersebut sebelum akhirnya ditransmisikan melalui port TCP. RDP sendiri dikelola oleh driver bernama terminal server device redirector. Driver ini terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya Wdtshare.sys yang menangani enkripsi dan kompresi, serta Tdtcp.sys yang bertugas untuk memastikan remote desktop protocol dapat melalui TCP/IP.

Apa Manfaat RDP?

Setidaknya ada tiga manfaat yang membuat protokol ini lebih unggul dari jenis remote desktop lainnya, yaitu:

  • Memberikan Koneksi Internet Super Cepat

RDP dapat memfasilitasi Anda dengan koneksi internet super cepat. Dengan protokol ini, kecepatan internet yang Anda gunakan dapat mencapai 1.000 Mbps. Tentunya ini akan sangat berguna apabila Anda sering mengunggah atau mengunduh data berukuran besar. Hanya saja, kecepatan koneksi RDP dipengaruhi oleh performa server yang digunakan.

  • Memfasilitasi Aplikasi yang Harus Berjalan 24/7

Manfaat remote desktop protocol yang kedua adalah menjalankan bot atau aplikasi yang harus selalu berjalan.  Koneksi protokol ini tidak akan terputus meskipun komputer Anda dimatikan. Selain itu, proses yang dilakukan di server RDP akan terus berjalan. Dengan demikian, Anda tetap dapat membiarkan bot atau aplikasi menyala asal prosesnya tidak melampaui bandwidth server.

  • Server RDP dapat Dimodifikasi sesuai Keinginan

Tentunya Anda sudah tahu bahwa remote desktop protocol dapat digunakan hanya jika Anda memiliki server untuk menunjangnya. Asyiknya, Anda jadi dapat memilih server dengan spesifikasi yang diinginkan. Cloud VPS Niagahoster, misalnya, menawarkan enam jenis paket server. Mulai dari yang memiliki bandwidth 1000 GB hingga 8000 GB.Di samping itu, Cloud VPS Niagahoster full root access. Artinya Anda dapat mengubah konfigurasi server sesuka hati.

Apakah ada RDP Gratis?

Unruk dapat menggunakan RDP rata-rata kita harus membayar atau registrasi kepada penyedia jasa virtual server, yang harganya jelas lebih murah daripada kita sewa hosting. Berdasarkan fakta yang ada, minim-minim banget sewa RDP 1 bulan mencapai 100 ribuan, itu pun baru dapat spesifikasi minimal CPU 1 core, RAM 1GB dan Storage 40GB. Dan rata-rata RDP tersebut untuk jenis Windows. Memang aplikasi yang berbasis windows dibandrol lebih mahal daripada LINUX.

Nah.. berkaitan dengan itu ada satu celah agar kita dapat menggunakan RDP tanpa bayar alias gratis. Lumayan banget dapat hemat biaya dan kita dapat browsing-browsing bahkan download dengan internet super kencang. RDP ini dapat dipakai full 12 jam, dan jika sudah habis waktunya, bisa kita ulang lagi, jadi ga pernah ada habisnya. Hanya kelemahannya kita dapat mengelola aplikasi sendiri dalam RDP. Oh ya RDP ini berbasis LINUX. Meskipun LINUX, yang penting dapat menggunakan internet dengan speed yang luar biasa. Buktinya bisa anda lihat pada gambar speedtest di bawah ini, gila kan??

 

Oke, tanpa basa-basi langsung saja kita mulai bagaimana cara membuat RDP gratis. Silakan anda lihat tutorialnya melalui tayangan video berikut.

Jangan lupa like dan subscribe….

Leave a Comment